Tips menulis catatan

Setiap hari, saat belajar di sekolah, kamu tentunya selalu berusaha mendengarkan dengan baik setiap penjelasan yang diberikan oleh gurumu. Kemudian, kamu akan membuat catatan serapi dan sebaik mungkin yang merekam setiap penjelasan penting dari gurumu. Catatan yang baik akan membuatmu mudah mengingat kembali penjelasan-penjelasan guru. Sedangkan catatan yang jelek, berefek sebaliknya. Lalu, bagaimanakah cara membuat catatan yang baik?
Berikut ini akan saya berikan sebuah tips tentang cara membuat catatan untuk pelajaran sekolah yang baik.
Langkah 1
Dengarkan dengan seksama setiap penjelasan yang diberikan guru. Perhatikan setiap penekanan yang diberikan. Guru-guru biasanya selalu memberikan penekanan berkaitan materi pelajaran mana yang penting. Beliau mungkin akan berkata:
“Perhatikan, ini sangat penting…”
“Lihat baik-baik, Bapak akan menjelaskan skema…..”
“Tolong diingat, bahwa…..” dan sebagainya.
Nah, bagian-bagian penjelasan macam itu jangan sampai terlewatkan untuk dicatat. Memang tak mungkin untuk mencatat setiap kata-kata yang merupakan penjelasan pelajaran dari gurumu, tapi sangat penting untuk tidak melewatkan bagian-bagian penting dari penjelasan tersebut.
Langkah 2
Bagi halaman pada buku catatanmu menjadi dua bagian dengan membuat garis tegak. Di sebelah kiri dengan ukuran seperempat lebar halaman buku, sedangkan bagian kanan dengan ukuran tiga per empat lebar halaman buku.
Langkah 3
Gunakan pen warna-warni. Pakai tinta hitam untuk catatan utama yang berisi penjelasan-penjelasan penting gurumu di bagian sebelah kanan catatan (yang berukuran tiga per empat halaman buku tadi). Pakai tinta warna biru, atau merah, atau hijau untuk menulis di bagian sebelah kiri catatan (bagian yang berukuran seperempat lebar halaman buku tadi) untuk menulis kata-kata kunci, pertanyaan-pertanyaanmu, emoticon seperti:)😀😦 , atau tanda-tanda seperti bintang *, tanda tanya: ?, tanda seru !, dsb.
Menuliskan kata-kata kunci atau istilah-istilah yang baru kamu dengan di sebelah kiri dari penjelasannya (yang ditulis disebelah kanannya) akan memudahkan kamu menemukannya dalam buku catatan, selain untuk penegasan bahwa itu adalah istilah penting yang harus diingat.
Menggunakan pen dengan tinta warna-warni akan membantu matamu saat membaca ulang catatan, agar tidak cepat bosan dan mengurangi kemungkinan mata lelah dan mengantuk. PERINGATAN : hindari penggunaan spidol atau pulpen dengan tinta yang dapat menembus kertas karena dapat mengganggu tulisanmu pada halaman sebelahnya!
Menuliskan pertanyaan-pertanyaan di sebelah kiri halaman buku, dengan jawaban-jawaban yang terdapat di sebelah kanannya membuat kita ingat kebali bahwa guru atau kamu, atau kawanmu pernah menanyakan pertanyaan itu sebelumnya di kelas.
Mencantumkan emoticon (lambang-lambang emosi) di sebelah kiri dari penjelasan-penjelasan penting guru, membuat kamu ingat kembali perasaan kita saat mendengar penjelasan guru tentang hal tersebut. Melibatkan perasaan dan emosi dalam belajar sangat penting, karena dapat memfasilitasi proses belajar menjadi lebih mudah.
Mencantumkan tanda-tanda seperti gambar bintang, tanda seru, tanda tanya, tanda panah, dapat memberikan penegasan, penarik perhatian, atau penghias pada catatanmu.
Langkah 4
Bila mencatat, perhatikan selalu caramu menulis, jangan sampai tergesa-gesa sehingga kata-katanya nanti menjadi tak terbaca. Tulislah semuanya secara jelas. Sesekali gunakan huruf KAPITAL pada kata-kata atau istilah yang kamu anggap penting. Atau, dapat pula kamu memberi garis bawah pada kata-kata penting atau istilah penting lainnya sebagai variasi dan penegasan.
Langkah 5
Gunakan diagram, skema, atau peta konsep untuk catatan-catan tertentu untuk mempermudahmu mengorganisasikan materi pelajaran dari penjelasan gurumu. Biasakan pula belajar menuliskan penjelasan guru dengan menggunakan kata-katamu sendiri sebagai cara mengelaborasi materi pelajaran tersebut.
Nah, semoga tips membuat catatan yang baik ini dapat bermanfaat untuk kamu.
Tetap semangat untuk sekolah dan belajar!
Sumberhttps://suhadinet.wordpress.com/2010/10/22/tips-untuk-pelajar-cara-membuat-catatan-yang-baik/

0 komentar:

Posting Komentar