GAPTEK ??



Menurut kamus gaul, gaptek (gagap teknologi) artinya orang yang gak pinter dengan hal-hal yang berbau teknologi. 

Sebenarnya gaptek tidak melulu berhubungan dengan perkembangan teknologi, bisa juga tentang perkembangan kekinian secara umum. paling tidak ada beberapa ciri orang dengan kategori gaptek.

Pertama, orang yang ngak ngerti teknologi canggih. Misalnya sekarang ini banyak jenis dan merek Hp smartphone yang kegunaanya macam-macam, Untuk sosmed , kamera, video, bahkan langsung dihubungkan dengan printer agar file langsung di printpun bisa. Nah, yang gaptek itu adalah orang-orang yang tidak tau cara menggunakannya, taunya hp Cuma buat sms sama nelpon aja.

Kedua,orang yang gaptek adalah orang yang kurang update terhadap info-info penting terbaru. Bawaanya males dengerin berita-berita yang disiarin TV atau internet. Yang dipantengi cuman infotainment,alias gosip –gosip ngak penting.

Ketiga,terlihat sangat norak. Katakanlah dia baru sedikit mengerti teknologi tapi lagaknya seperti yang paling ngerti sendiri. Biasanya dia jadi cenderung pamer. Kadang dia hanya menjadi bahan tertawaan temannya saja. Duh kasiannya...

Karena itu, biar kita ngak Gaptek dan ngak dibilang gaptek, maka setidaknya ada 2 langkah yang perlu kita lakukan.
1.      
      Jadikan dirimu sebagai seorang pembelajar yaitu orang yang dapat belajar dari apapun, dan berusaha menyemangati diri untuk selalu ingin tau tentang perkembangan terkini,baik ilmu pengetahuan maupun teknologi. Tentu, caranya tidak harus memiliki produk-produk teknologi yang canggih ,tetapi cukup dengan senang membaca,mengamati, dan belajar dari TV  atau Internet dan obrolan yang bermutu dengan teman-teman. Karena dengan cara itu kita bisa menjadi manusia yang berwawasan luas,dengan pandangan jauh kedepan.

2.       Jangan menjadi seseorang yang mudah terkejut dengan perkembangan teknologi canggih. Biasakan diri untuk akrab dengan kemungkinan-kemungkinan perkembangan iptek. Sehingga, ketika ada kemajuan teknologi yang belum dimengerti , bisa kita maklumi, tidak terlalu heran dan norak. Ketika mengajukan pertanyaanpun terpelajar,tidak katro,tetapi seperti orang bijak yang sangat mencintai ilmu dan informasi.

Jika kedua langkah itu dilakukan, maka dijamin kita akan menjadi orang yang terlihat smart,cool,dan modern. Sekian :)


Sumber bacaan: fiqih gaul karya thobib al-asyhar

0 komentar:

Posting Komentar