Tips sebelum melakukan presentasi

Presentasi menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang dengan alasan gugup,blank dan lain lain. Hal ini disebabkan oleh ketidak siapan dalam melakukan presentasi. Nah, sekarang miss akan berbagi tips sebelum melakukan presentasi.

1. Persiapan
Usahakan untuk melakukan persiapan sematang mungking terumata kesiapan mental supaya nanti tidak gugup. Kita bisa berlatif didepan cermin atau didepan teman-teman supaya kita terbiasa berbicara di hadapan khalayak ramai.

2. Kuasai materi
Kuasai materi sebaik mungkin supaya kita bisa menjelaskan dan menjawab pertanyaan dengan lugas dan jelas. Usahakan untuk memperkirakan pertanyaan yang akan muncul supaya nanti kita terkejut dan panik dengan pertanyaan tersebut.

3. Rapi
Susunlah materi dengan rapi dan sistematis supaya nanti dapat dijelaskan dengan mudah dan tidak berputar-putar dari dari pembahasan ke pembahasan lainnya. Tidak hanya itu, berpenampilanlah yang rapi mulai dari segi pakaian dan lain-lain supaya kita semakin percaya diri.

4. Berdo'a
Berdo'alah dan bertawakal kepada allah.swt dan usahakaan untuk tetap tenang. Ketenangan betujuan supaya kita tidak blank disaat presentasi.

Sekian tips dari miss mona. Semoga bermanfaat :)


0 komentar:

Posting Komentar