1.
Apa yang dimaksud dengan perencanaan
bisnis?
source:http://technopreneurcamp.blogspot.co.id/2013/04/perencanaan-bisnis.html
a.
Pengertian Perencanaan Bisnis
Perencanaan bisnis merupakan
pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan, karena di dalam
perencanaan bisnis ini dapat diketahui posisi perusahaan saat ini, arah dan
tujuan perusahaan, dan cara mencapai sasaran yang ingin dicapai.
Agar perusahaan berjalan pada
jalan yang benar maka seorang wirausaha harus menyususn Business Plan. Business
Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah
bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan
dan menarik bagi penyandang saran. Pengertian lain dari business plan adalah
sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan sebuah bisnis
kepada penyandang dana potensial.
Menurut Bygrave, 1994 : 441 (dalam Buchari Alma, 2006 : 198)
mendefinisikan Business Plan sebagai dokumen yang disediakan oleh enterpreuner
yang memuat rincian tentang masa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa
depan dari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentang manajerial,
keadaan fisik bangunan, karyawan, produk, sumber permodalan, informasi tentang
jalannya perusahaan selama ini dan posisi pasar dari perusahaan. Business Plan
juga berisi tentang rincian profit, neraca pembayaran, proyeksi aliran kas
untuk dua tahun yang akan datang. Selain itu juga memuat pandangan dan ide dari
untuk dua tahun yang akan datang, pandangan dan ide dari anggota tim manajemen
serta menyangkut strategi dan tujuan perusahaan yang hendak dicapai.
Jadi business plan adalah dokumen
tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsurunsur yang
relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memualai suatu
usaha. Isi dari business plan sering merupakan perencanaan terpadu yang
menyangkut pemasaran, permodalan, manufacturing dan sumber daya manusia.
Di dalam perencanaan bisnis perlu
dilakukan analisis kelayakan Usaha, hal ini dikarenakan aspek utama dalam
melakukan usaha pertama kali faktor kelayakan perlu diperhatikan dan merupakan
hal yang cukup penting. Perencanaan usaha diperlukan dalam kegiatan bisnis yang
akan dilakukan maupun yang sedang berjalan agar tetap berada dijalur yang benar
sesuai dengan yang direncanakan. Perencanaan usaha merupakan alat yang sangat
penting bagi pengusaha maupun pengambil keputusan kebijakan perusahaan.
Perencanaan usaha juga dapat dipakai sebagai alat untuk mencari dana dari pihak
ketiga. Ada lingkup yang perlu dijelaskan, untuk menuju perencanaan usaha yang
optimal.
b.
Manfaat Perencanaan Bisnis
Perencanaan bisnis merupakan
perencanaan yang sangat spesifik. Penyusunannya harus mempertimbangkan kebutuhan
dan keinginan masing-masing bisnis secara individual. Perencanaan bisnis yang
baik juga harus menggambarkan dengan jelas karakteristik bisnis yang sedang
atau akan dilaksanakan, sehingga pihak-pihak yang tertarik dengan bisnis ini
dapat melihat secara transparan dan mengerti secara jelas prospek perkembangan
bisnis ini di masa yang akan datang. Perencanaan bisnis diperlukan oleh
pihak-pihak tertentu sebagai bahan masukan utama dalam rangka pengkajian ulang,
untuk turut serta menyetujui atau sebaliknya menolak laporan tadi sesuai dengan
kepentingannya. Pihak-pihak tertentu tersebut antara lain :
1)
Pihak investor
Calon
investor akan mengetahui tentang keuntungan yang akan diperoleh serta jaminan
keselamatan atas modal yang akan ditanamkannya.
2)
Pihak kreditor (bank)
Perencanaan bisnis tersebut akan
digunakan sebagai bahan untuk pengkajian ulang sebelum memutuskan untuk
memberikan kredit atau tidak.
3)
Pihak manajemen perusahaan
Pembuatan perencanaan bisnis ini
merupakan suatu upaya dalam rangka merealisasikan ide proyek yang
ujung-ujungnya bermuara pada peningkatan usaha dalam rangka meningkatkan laba
perusahaan.
4)
Pihak pemerintah dan masyarakat
Mengetahui proyek-proyek bisnis
yang membantu kebijakan pemerintah sehingga menjadi prioritas untuk dibantu.
Misalnya dengan subsidi atau keringanan lainnya.
5)
Bagi tujuan pembangunan ekonomi
mengetahui biaya dan manfaat tersebut antara lain ditinjau dari aspek rencana
pembangunan nasional, distribusi nilai tambah pada seluruh masyarakat, nilai
investasi per tenaga kerja, pengaruh sosial, dan analisis pemanfaatannya maupun
beban sosial.
2.
Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip dalam
perencanaan bisnis!
1)
Fokus, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan
visi, misi tertentu serta dengan tujuan yang jelas sehingga kita bisa fokus
untuk mencapai tujuan.
2)
Rasional dan faktual, artinya perencanaan usaha dibuat
berdasarkan pemikiran yang masuk akal, realistik, berorientasi masa depan serta
didukung dengan fakta-fakta yang ada.
3)
Berkesinambungan dan estimasi, artinya perencanaan
usaha dibuat dan dipersiapkan untuk tindakan yang berkelanjutan serta
perkiraan-perkiraan tentang kondisi di masa depan.
4)
Prepare dan fleksibel, artinya perencanaan usaha dibuat
sebagai persiapan, yaitu pedoman untuk tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan
yang disesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi.
5)
Operasional, artinya perencanaan usaha dibuat
sesederhana mungkin, namun rinci, serta dapat dilaksanakan.
Dalam membuat rencana bisnis,
seseorang atau sebuah tim biasanya melakukan brainstorming. Dalam kegiatan ini
semua ide dikeluarkan untuk kemudian dikumpulkan dan dipilih yang paling
mungkin untuk dilaksanakan. Dalam brainstorming ini dibutuhkan daya eksplorasi
yang bebas, tidak dibatasi pertimbangan biaya atau kemampuan. Namun kadang hal
ini memicu perdebatan, karena isi otak seseorang berbeda dengan orang lain.
Sehingga pemahaman kita juga belum tentu dapat dimengerti oleh orang lain.
Untuk itu, kita memerlukan bahasa penyampaian yang mudah dimengerti oleh banyak
orang.
Dalam memulai bisnis, seperti
kita ketahui, perlu ada perencanaan yang matang. Sebelum mulai menyusun rencana
bisnis, kita perlu mengetahui informasi-informasi yang berhubungan. Hal ini
penting, karena dalam menjalankan bisnis, kita harus punya panduan. Apalagi
jika ke depannya kita akan berhubungan dengan banyak pihak lain, misalnya
investor atau pihak bank. Semua hal yang kita lakukan dan presentasikan di
depan para investor haruslah mengacu pada panduan tersebut. Rencana bisnis
inilah kunci keberhasilan komunikasi kita dengan investor. Sebagai alat
komunikasi, rencana bisnis menentukan apakah usaha kita layak atau tidak layak
didukung.
Dalam rencana bisnis, menjadi
idealis memang boleh. Namun, jangan lupa bahwa yang terpenting kita perlu
menunjukkan letak kekuatan bisnis kita, bahwa usaha yang kita jalani memiliki
prospek yang cerah. Gunakanlah bahasa yang sampai di telinga para kalangan
investor. Bahasa yang dimaksud adalah bahasa yang dapat ‘merayu’ investor atau
kalangan perbankan. Kita perlu menyadari bahwa bisnis bukan hanya sekadar
masalah untung-rugi. Para investor ingin mengetahui bahwa bisnis kita punya
prospek, bahwa resiko untung-ruginya dapat diukur dan diperkirakan.
Namun, rencana bisnis plan
sebenarnya tidak hanya dibuat untuk ditujukan pada para investor. Rencana
bisnis penting untuk menjadi panduan kita sendiri dalam melakukan segala
rencana dan pelaksanaan usaha, agar setiap pelaksanaan dapat terarah, tidak
keluar jalur, dapat dipertanggunjawabkan, diukur, dan dievaluasi kembali.
Apalagi untuk jenis usaha kreatif yang idenya terbilang baru. Usaha semacam ini
memiliki risiko pergeseran konsep. Dalam prosesnya, akan ada banyak campur
tangan berbagai pihak yang menginginkan ini-itu. Berbagai kepentingan dari
banyak pihak bisa jadi mengganggu konsep utamanya. Di sinilah rencana bisnis
bermanfaat, yakni sebagai alat yang menjaga koridor gerak usaha. Ini adalah
tantangan bagi para enterpreneur muda, yakni untuk menjelaskan pada semua pihak
agar mereka memiliki perspektif yang sama dengan yang kita miliki.
Sebuah rencana bisnis haruslah
matang, terarah, namun tetap sederhana dan mudah dipahami orang lain. Untuk
membuatnya, berikut ini adalah tips-tips yang perlu Anda terapkan:
• Rencana bisnis harus mudah dimengerti, memiliki 1 tujuan, dan tercapai dengan cepat.
• Rencana bisnis harus mudah dimengerti, memiliki 1 tujuan, dan tercapai dengan cepat.
• Menggunakan sedikit kalimat, tidak
hanya singkat tapi juga efisien.
• Memiliki tujuan jelas, hanya
menyampaikan fakta dan ide yang relevan.
• Menarik, mudah dimengerti, serta menggunakan
gambar dan grafik.
• Menggunakan kata-kata yang
sederhana dan disusun dengan model percakapan atau komunikasi interaktif.
• Membawa nuansa optimis dan positif.
• Mengarahkan keputusan pembaca,
menegaskan itikad baik, serta mendemonstrasikan pengetahuan dan skill.
• Hindari membuat pernyataan yang
tidak mendukung fakta.
• Bersifat obyektif dan dibuat
berdasarkan data-data nyata dan akurat serta sumber informasi yang berkualitas.
3.
Apa saja komponen-komponen dalam perencanaan
bisnis?
1. Konsep Bisnis
·
Mendeskripsikan produk
·
Identifikasi pasar, konsumen target,
dan data ekonomi tentang permintaan
·
Persaingan dan analisis pasar
lengkap
·
Strategi pemasaran yang jelas
·
Informasi lokasi bisnis, kantor,
outlet, dan jasa
·
Manajemen, karyawan yang diperlukan
2. Dukungan Keuangan
·
Kebutuhan keuangan dan sumber modal,
utang, dan posisi kekayaan pemilik
·
Dokumen pendukung rencana keuangan:
-
Laporan keuangan yang direncanakan
-
Laporan arus kas yang direncanakan
-
Neraca yang direncanakan
-
Analisis pengembalian modal
3. Informasi Lain-lain
·
Survei konsumen, informasi pasar,
ramalan permintaan, dan penjualan
·
Data tentang pemilik, wirausahawan
yang terlibat, dan manajer ahli
·
Informasi tambahan tentang
pembelian, pemasok dan harga
·
Rencana tempat kedudukan usaha,
layout, bahan-bahan produksi, dan kebutuhan peralatan
·
Laporan kredit, penawaran, kontrak,
dan lampiran lain yang diperlukan oleh penyandang dana
4.
Menurut Anda, aspek penting apa yang
perlu diperhatikan dalam perencanaan bisnis tersebut!
1)
Aspek ekonomis
Aspek ini mencakup analisis pasar,
penjualan, biaya produksi, maupun profit margin. Faktor ini sangat penting,
karena mempengaruhi tingkat keputusan untuk merealisasikan ide menjadi bisnis
yang sesungguhnya. Aspek ini akan mengkaji sejauh mana tingkat keuntungan yang
diperoleh, dengan daya serap pasar yang ada dan kemampuan memiliki modal untuk
menjalankan operasional bisnis. Meskipun idenya luar biasa, tetapi kalau dalam
perhitungannya merugi tentunya membuat bisnis tersebut tidak layak. Karena itu,
Anda harus paham betul, bagaimana Anda menghasilkan pendapatan dan berapa biaya
yang akan dikeluarkan.
2)
Aspek teknis
Aspek ini sangat penting untuk mengukur
kemampuan untuk menjalankan bisnis dengan baik. Apakah dengan modal yang ada,
sudah mampu memproduksi barang atau jasa yang bisa dijual? Bagaimana dengan
kemampuan sumber daya manusianya? Apakah semua kekuatan yang dimiliki mampu
memberikan nilai tambah yang lebih baik kepada konsumen dibandingkan dengan
usaha-usaha sejenis lainnya? Suatu rencana bisnis yang baik, akan memberikan
peluang yang lebih baik, sekaligis meminimalisasi kemungkinan kegagalan bisnis.
3)
Masa depan bisnis
Aspek ini akan mengkaji lebih
komprehensif mengenai masa depan bisnis Anda. Jangan sampai, kita tahu bahwa
bisnis yang digeluti adalah bisnis musiman, namun perencanaan yang diterapkan
adalah untuk bisnis yang permanen. Ini tentu nantinya akan menganggu aspek
teknis. Belum lagi dengan harapan-harapan konsumen yang selalu akan lebih maju
dan terkinikan. Apakah mampu bisnis yang kita jalankan nanti menyerap pasar
seperti ini? Inilah aspek penting yang harus diperhatikan secara seksama dan
dituangkan dalam rencana bisnis.
5.
Terkait dengan tugas akhir dari mata
kuliah ini, silahkan anda menyampaikan ide usaha yang akan dilaksanakan beserta
dengan alasannya (minimal 1 halaman)
IndieTones
Merupakan
start-up musik streaming service yang menyediakan layanan streaming
musik-musik.
IndieTones adalah sebuah perusahaan musik yang membuat layanan berbasis web showcase
yang membantu pengguna menemukan, mendengarkan dan berbagi suara baru
setiap hari. Pengguna dapat
meng-upload musik mereka sendiri,
berbagi ke jaringan
sosial populer seperti Twitter
dan Facebook dan
download dari artis favorit
mereka. Menampilkan sebuah pemutar
musik antarmuka inovatif
yang membantu pengguna memindai melalui database musik kami sambil menikmati gambar yang menakjubkan. Bookmark fitur yang memungkinkan pengguna untuk menandai lagu favorit mereka dan
pencarian disaring menurut genre
atau popularitas. Kami berjanji pengalaman musik
yang berbeda.
Sekilas fitur yang
nantinya akan dibuat:
·
Penyimpanan Musik tak Terbatas
·
Inovatif Music Player
·
Kalender Acara
·
Berinteraksi Dengan Fans
·
Fitur Penelusuran
·
Latar Belakang dinamis
·
Social Network Sharing
·
Lagu & Bookmarking
Artists
·
Mendengarkan
pada Mobile
·
E-Commerce Fitur
Alasan
pemilihan Ide Usaha
1.
Aspek Eknomis
a) Analisis
Pasar
Perkembangan
dunia musik khususnya musik indie di Indonesia semakin hari semakin meningkat.
Media promosi adalah hal utama yang dibutuhkan oleh band indie dalam
mempublikasikan hasil karyanya kepada masyarakat luas. Untuk itu kelompok kami
memutuskan untuk membuat sebuah web streaming service yang nantinya bisa
digunakan untuk mempublikasikan.
b) Biaya
Produksi
Biaya
produksi tidak begitu besar mengingat ini hanya membutuhkan sebuah domain dan
hosting.
c) Profit
margin
Profit
bisa berasal misalnya saja dari iklan, penjualan merchandise, penjualan
majalah, bagi hasil penjualan album, bagi hasil penjualan tiket dari sebuah
event.
2.
Aspek Teknis
Untuk
sumber daya manusia kami terdiri dari beberapa orang yang bidang pengetahuannya
sejalan dengan start-up yang kami buat. Ada yang berpengetahuan web, desain
grafis ( untuk pembuatan layout). Beberapa dari kami juga sudah berkecimpung di
dunia band indie khususnya di kota Salatiga sejak dari SMA. Maka sudah pasti
memahami alur bagaimana perjalanan sebuah band indie dan bagaimana mereka yang
notabene indie yang tidak bergantung dari perusahaan rekaman (D.I.Y)
membutuhkan sebuah web music streaming untuk mempublikasikan hasil karyanya.
3.
Masa Depan Bisnis
Aspek
kedepannya bisnis ini tidak terkait dengan zaman, kebanyakan orang tidak suka
menyimpan sebuah file lagu di media penyimpanan mereka. Mereka menginginkan
yang instan yang bisa diakses menggunakan internet. source:http://technopreneurcamp.blogspot.co.id/2013/04/perencanaan-bisnis.html
0 komentar:
Posting Komentar