informasi kekal di ruang publik

INFORMASI KEKAL DI RUANG PUBLIK


Dengan jumlah pengguna internet di indonesia yang ters berkembang pesat, maka internet menjadi media yang berpotensi untuk memberikan manfaat yang besar pula. Internet telah banyak
mengubah cara kita melakukan berbagai kegiatan seperti cara bekerja, cara belajar, cara berbelanja,
termasuk cara berkomunikasi, terlebih dengan maraknya pemanfaatan aplikasi sosial media di internet.
Dengan sosial media kita bisa lebih mudah menyebarkan suatu informasi dan membuka banyak jalan untuk berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan agar kita tidak melakukan kesalahan dalam berinteraksi menggunakan media sosial, beberapa di antaranya adalah:
·         Informasi yang bersifat kekal : ketika kita update status atau photo di facebook atau twitter ataupun membuat tulisan di blog, maka itu akan tersebar luas dengan cepat di internet. Orang akan dengan mudahnya mengcopy tulisan/photo tersebut sehingga walaupun kita menghapusnya, jejaknya tidak akan hilang di internet.
·         Internet adalah ruang publik : harus selalu disadari bahwa komunikasi yang di lakukan di media sosial bukanlah ranah privasi tetapi ranah publik. Siapapun dapat mengaksesnya.
·         Internet adalah hutan belantara informasi : jika menemukan informasi di internet janganlah mudah percaya akan kebenarannya selalu lakukan cek dan ricek. Apalagi kita berniat menyebarkan kembali informasi tersebut melalui akun media sosial yang kita miliki.
·         Bahasa tulisan akan berbeda dengan bahasa lisan. Oleh karena itu hati-hati jika menyampaikan sesuatu melalui media sosial, hindari munculnya persepsi yang salah akan tulisan kita.
·         Yang paling utama adalah Netiquette. Perhatikan etika didunia maya. Pada prinsipnya kita harus menjaga tingkah laku kita di dunia maya sama dengan menjaga perilaku kita di dunia nyata.
·         Khusus untuk para orangtua, komunikasi aktif dengan sang anak sangat diperlukan untuk mengetahui aktivitas dan interaksi anak di dunia maya. Orangtua harus mau membuka diri dengan hadirnya teknologi ini.

Jadi marilah kita manfaatkan internet secara sehat, aman, nyaman dan bertanggung jawab sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kehidupan kita dan masyarakat.

Sekian. semoga bermanfaat , dan jangan lupa tinggalkan jejak ya .-.



*) catatan ini disampaikan oleh Relawan TIK Indonesia (http://relawan-tik.org) sebagai bentuk dukungan atas program internet sehat.
Sumber: ‘usir galau dengan internet sehat’ oleh: Donny BU (creative commons)


1 komentar:

  1. mantap gan, infonya menarik. kita tidak bisa mencegah hal negatif di internet tapi kita bisa menghindarinya. semoga orang yang membaca postingan ini bisa belajar dan sadar dalam menggunakan ruang publik ini

    BalasHapus