Bedanya PEDE dengan NEKAT ?!


Assalamu’alaikum, sahabat miss blogger… J
Mungkin kita pernah diminta untuk melakukan sesuatu yang rasa-rasanya kita bisa dan rasa-rasanya ngak. Terkadang tawarannya diterima gitu aja, tapi pas mau tampil,,,,, duh perut mules :v atau cari yang lain aja deh. Gimana sih, kok gitu aja nyerah??  Hehe.. :D

“It’s Mean You are On MINDER Side , or Unconfident”

Biasanya nih gan, orang yang ngak percaya diri (pede) akan sulit untuk maju dan lambat laun akan tertinggal sama teman-teman yang pede abis (yap! Setuju! Karna miss juga pernah merasakan hal itu).
Tapi pede abis itu beda sama nekat, lho. Emang apa bedanya antara pede dengan nekat?

NEKAT  => berani tapi NGAK bermodalkan atas kemampuan yang dia yakini

PEDE => sikap tenang dan berani menghadapi sesuatu tetapi dengan penuh keyakinan atas dasar kemampuan.

Tetapi, banyak juga lho, orang pandai tapi dia ngak yakin akan kepandaiannya karena minder alias ngak pede. So, berani aja NGAK CUKUP buat bikin kamu pede, tapi juga dengan KECERDASAN.

Berdasarkan pengalaman miss sama teman-teman di braver’s club, sering kali kami menemui kejadian seperti ketika diminta untuk menyampaikan hasil pemikiran di depan kelas maka, muka pucet pasi seketika :v hal itu terjadi karena ngak tau mau ngomong apa atau udah tau mau ngomong ini itu tapi malah ngak pede untuk stand to talk in front of the audience. Nah, mampu sih mampu, tapi ngak pede gimana dong?

Sebenarnya pede itu datang dari diri sendiri, jadi ditoko manapun ngak ada orang jual :D
Pede itu cerminan sikap, dan bisa dilatih dengan niat dan disiplin. yes! we can!
APA AJA SIH YANG MESTI DILATIH? Check this out.

1.)    Belajar jadi orang yang bisa diandelin
Kita harus belajar berpikir cepat dalam mengambil keputusan, Jangan jadi orang yang plin- plan.  
Mis: hari ini kamu bilang A, besok kamu bilang B. itulah yang bikin orang ngak bia ngandelin kamu. Cobalah untuk jadi orang yang pinter dan pede sehingga kamu bisa jadi orang yang bisa  diandelin .

2.)    Ngak suka bikin kaget
Rencanakan segala sesuatu dengan matang, sehingga mengurangi resiko untuk gagal. Jika gagal, kamu bisa dengan mudah mengevaluasinya, soalnya step by step nya jelas. jangan sampaisemuanya serba mendadak, sehingga besor kemungkinan kamu untuk gagal. Sebenarnya orang yang ngak pede itu, orang yang merasa rencanya ngak matang sehingga tidak siap untuk melaksanakannya, dan rencana yang mendadak hamper dipastikan ngak bakaln bisa diukur secara sempurna terhadap hal-hal yang terjadi kemudian.

3.)    Empati
We should to care each other. Jika kamu punya sikap ini, tentunya kamu akan mudah diterima oleh semua lingkungan. Sifat ini akan timbul jika kamu peduli terhaap lingkungannmu secara nyata, bukan ngomong aja.dan pede mu akan semakin bertambah karena lingkunganmu baik dan mendukungmu.

4.)    Mengutamakan kepentingan bersama
Mintalah pendapat orang terpercaya sebalum melangkah, dan pikirkan baik-buruk tindakannya. Bertindak dengan matang bukan asal-asalan. Supaya tindakan tersebut tidak mengecewakan banyak orang dan utamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi atau golongan.
So, sumber pede adalah ketika kita telah mempersiapkan ide dan rencana kegiatan kita dengan matang. Sehingga akan berdampak positif kepada diri kita dan semua orang yang terkait dengan itu. Bisa diterima kan?

KIAT TAMPIL PEDE

1)      Belajar dari pengalaman
SWOT (STRENGTHS, WEAKNESSES,OPPURTUNITIES, and THREATS)
2)      Rencanakan masa depan
Rencanakan masa depanmu mulai ari sekarang. Misalnya kamu ingi meneruskan studi keluar negri , mak jangan lupa untuk mendalami bahasa asing sedini mungkin. Rencanakan secara matang untuk memperoeh apa yang kita inginkan.
3)      Professional sekarang
Caranya? Perluas wawasan. Bolot? No way!
Mulailah membuka perteman dengan orang-orang yang bakal bikin kamu tambah “berisi” ini untuk otak dan hatimu, lho. Terus, bertingkah laku baik sehingga kamu dihargai orang.
4)      Berdo’a
Bagaimanapun juga hidup kita ada dalam gengamannya. Sehingga wajiblah kalau kita mau berbuat sesuatu , harus mohon bantuan dan kekuatan dari yang maha kuasa. Orang yang mau berusaha tapi ngak mau berdo’a untuk namanya orang yang sombong. Tetapi sebaliknya, orang yang mau usaha, kerjaannya hanya berdo’a, maka dia termasuk orang0orang yang males dan kelak ngak akan jadi orang yang sukses.

Nah, gimana? Siap tampil pede kan? Gitu dong…. Generasi OK mesti jadi generasi terdepan yang berani tampil pede. Bukan karena tongkrongannya, tapi karena… sikap, otak, dan moralnya. SIIIP…LAH.. !!

sumber: fiqih gaul

0 komentar:

Posting Komentar