Masih Berani Ngeremehin Anak Pertanian?




Mau jadi petani kok capek-capek kuliah? Pertanyaan itu lazim dihanturkan kepada mahasiswa/i fakultas pertanian dimanapun berada. Orang-orang  menyebut anak  yang kuliah di jurusan pertanian sebagai anak-anak yang salah jurusan, ngak pinter-pinter amat karena lulus dipilihan yang penuh kepasrahan yakni pilihan ketiga, atau memilih jurusan ini karena udah ngak ada pilihan lain.

Yup! Inilah image yang melekat pada anak pertanian bagi masyarakat awam. Some is right But Mostly, It’s really Wrong. Beberapa dari mahasiswa/i FP memang meletakkan pilihan ini di pilhan ke-2 atau ke-3. Tetapi, ada banyak lagi yang meletakkan FP dipilihan pertama alias The First Choice for the main purpose. Emang sih, dulu mimin juga sempat berfikir sama seperti yang lainnya, bahwa anak pertanian itu anak-anak yang capek-capek kuliah, bayar UKT mahal cuman buat jadi petani, miminpun juga sebenarnya memilih FP karena ngerasa ngak ada pilihan lain lagi.

Buuuut.........setelah mimin ngerasain langsung masuk ke Fakultas Pertanian. Wow..It doesn’t like that, ternyata cakupan/bahasan dijurusan pertanian udah luas  buaangeet. Disini kita bakalan nge-Bahas pengantar ilmu pertanian,pengantar ekologi, dasar-dasar agronomi, dasa-dasar penyuluhan dan komunikasi pertanian,pengantar ilmu ekonomi,pendidikan pancasila, Agribisnis dan kewirausahaan,dasar-dasar ilmu tanah,dasar-dasar perlindungan tanaman,English For academic Purpose,dasar-dasar fisiologi tumbuhan,Genetika Dasar,Bahasa indonesia,kimia,statiska,dasar-dasar pemuliaan tanaman,dasar-dasar teknologi benih,ekologi tanaman,dasar-dasar manajemen,Mikrobiologi pertanian,Keanekaragaman Hayati dan Plasma Nutfah,pendidikan agama, Agroklimatologi,Fisika,perancangan Percobaan,teknologi produksi tanaman Hortikultura Utama, teknologi produksi tanaman pangan Utama, teknologi produksi tanaman perkebunan Utama,Sistem Pertanian Organik,Hidrologi pertanian,pupuk dan Teknologi Pemupukan,metodologi penelitian,kesuburan tanah,dasar-dasar bioteknologi tanaman,ilmu gulma,Analisis rancangan dan pemulian tanaman,aplikasi komputer,biokimia tanaman,sistem pertanian terpadu,biologi molekuler,crop modeling,kultur jaringan,patologi benih,pemulian hibrida,pengantar pasca panen, mekanisme pertanian,arsitektur pertanaman,pemulian mutasi,pola tanam, rekayasa genetik,dan masih banyak lagi dan yang mimim sebutin tadi hanyalah Judul Besarnya saja.

FYI Ada 4 prodi di fakultas pertanian yakni Agroteknologi,Agribisnis,Proteksi tanaman dan Ilmu tanah.

Untukmu Pemburu Beasiswa luar negeri pun ngak usah takut, banyak kok dosen-dosennya yang lulusan dari luarnegeri ada yang dari jepang,Australia,Eropa,Amerika,dll. Rajin-rajin belajar aja deh, nanti tanya-tanya aja sama dosennya gimana caranya biar bisa dapat beasiswa ke luar negeri. Takut min, kok nanyanya sama dosen? Tenaaang, dosen ngak seseram itu kok, seremnya pas dikelas kalo kalian lagi nagk konsen eh malah ditanya ini itu :’)

Jadi, buat adik-adik atau teman-teman yang masih ngeremehin anak pertanian atau yang masih ragu milih FP, ...... Pikir-pikir lagi deh ><

Ngak lah min, jadi anak pertanian kayaknya prospek kerjaannya kurang menjanjikan –“ Helllooow, 
Buka lo Mata Gan!! Lo cuman belum ngulik-ngulik masalah pertanian aja, coba deh kalo lo bukak pikiran lo.(tanya) Siapa sih disini yang ngak makan nasi? Ngak butuh bahan pangan? Gimana klo mau bikin lontong ngak ada beras? Kan bisa makan roti aja min kalo ngak ada beras , roti dibuat dari apa? Gandum. Kalian duduk lama-lama dikafe sambil nyuri wifi, seenggaknya yang kalian pesan itu pasti Teh es,Jus,Coffe semuanya itu darimana guys??dari perkebunan teh,kebun buah,kebun kopi. Atau kalo mau kasih gift for someone yang ada manis-manisnya gitu (IYKWIM) >o<  CoooooKLat.

(conclusion) sejak zaman purbakala dulu,Manusia itu tidak bisa lepas dari yang namanya bahan pangan, manusia yang hidup di zaman pra-sejarah dulu aja sampai berpindah-pindah tempat untuk berburu makanan. So, guys prospek kerja untuk jurusan pertanian ini akan selalu ada sampai kehidupan terhenti alias KIAMAT. Lulusan pertanian bisa saja menjadi guru,PNS,pegawai bank,peneliti,mantri, atau mau jadi camat,walikota/bupati, Menteri pun masih tetap bisa (kalo ngk percaya coba searh di google) ,Tapi tujuan sebenarnya para DIAN PERTANIAN ini adalah menjadi seorang ENTREPRENEUR.

SO, untukmu yang lagi galau mau masuk apa, FP bisa dijadikan bahan pertimbanganmu juga ya. Mau tanya-tanya seputar fakultas pertanian silakan di kolom komentar J




0 komentar:

Posting Komentar