Workshop Online: COREL DRAW for sosmed

sebelum mulai download bahan WO.1 dilink itu ya..

hallo gaes, materi kali ini adalah pengelolan media sosial, kenapa namanya itu? 'cause disini kita akan belajar bagaimana cara mengelola medsos kita supaya terlihat menarik, baik untuk medsos yang dikelola secara pribadi atau sosmed resmi. disini aku gak bakalan negasin gimana caranya ngegambar (karena ini bakal diajarin didasar-dasar corel draw dilain waktu,so jangan left grup). tetapi disini aku akan buka rahasia para sosmed addict atau apapun sebutannya yang bisa memposting sangat gercep setiap hari dengan design yang senada. jadi apa sih yang sebenarnya mereka lakukan? apakah mereka se-expert itu pake corel? atau tangan mereka empat? dan yang paling penting, apakah mereka punya waktu? (bacanya agak dramatis gtu ya). tapi sebelumnya aku mau say thank sama "KOSTRAD IT, AgITC, INFOKOM SQUAD" karena dapat banyak ilmu dari mereka, Hehe :D

okay, here we go.
pertama, aku mau ngenalin ke kalian semua tentang sebuah website,eh 3 buah website : 
1. https://www.flaticon.com/ disini kalian bisa dapatin icon-icon cute dalam berbagai varian (wkwk) yang bisa kalian pilih untuk digunakan. icon-icon disini free to use kecuali yang berlabel crown or premium icon. dan disini icon-icon nya bisa didownload dalam berbagai bentuk file seperti: file edit: psd (photoshop), eps (corel draw) file gambar: png,jpeg,jpg




2. https://www.freepik.com/ disini kalian bebas melucur mendapatkan semua template design yang kalian mau mulai dari design sertifikat, pamflet, feed ig, story, dll
NB: kedua aplikasi ini menggunakan keywords dalam bahasa inggris ya...


3. THE POWER OF FONT: https://www.dafont.com/
Tinggal klik download ya gaes...
Setelah download buka file winRAR-nya buka file dengan format .ttf or .otf and then klik instal.

 

NEXT!! (INSTAL FONT DULU YA GAES, CEK DI FOLDER YG AKU KIRIM KN ADA 2 FONT TU, CARANYA SEPERTI DIATAS) OK,Untuk LTH 1 , hasil akhirnya bakal jadi seperti ini. 


Untuk gambar dan font yang akan kita gunakan, silakan dibuka file yang saya kirimkan. Pada folder LTH 1.

1. OPEN YOUR COREL DRAW ! aku pake versi 2018 ya...

2. you will see 3 dialog box yg fungsinya: 
new document > to create a new layer with a new margin, jadi layer ini benar- benar kosong dan ukurannya bisa kalian atur. 
new from template > to use template from corel app 
open document > file cdr/eps/dsb yang mendukung untuk dibuka di corel draw, seperti template-template yang udah kita donwload tadi.

3. but, disini kita bakal START FROM ZERO. so klik new document. 4. dialog box Lagi, silakan diisi nama filenya (LTH1). 5. NEXT, UKURAN. disini kita menggunakan satuan pixel (why ? karena aku mau pake aja, hehe) btw yang harus kalian perhatiin disini adalah rasio dari gambar yang mau dibikin, karena kita bikinnya buat 1 greed (ituloh yang tiga kotak ig sekali desain). so, kita pakai rasio 1x3 dengan ukuran 2000 x 6000 px (ukuran ini standar untuk upload di sosmed jadi gak pecah dan gak terlalu besar ukuran filenya).


6. NEXT,klik OK. now you see blank layer
7. then, TARIK GARIS MERAH DARI RULER DISAMPING, untuk membagi greed menjadi 3 bagian. jadi kita punya 3 kotak berukuran 2000x2000 (ingat ig itu kotak rasionya 1:1).


8. NEXT. BUAT BACKGROUND BARU dg menggunakan rectangle tool. tarik dan sesuaikan, tpi sebaiknya kita atur ulang saja angka disudut kiri atas menjadi 2000 x 6000. lalu sesuaikan letak dengan klik align and distribute. atur pas ditengah dari bagian vertikal dan horizontal.


9. NEXT, KLIK ctrl+i untuk mengimport gambar dalam bentuk foto yang akan kita gunakan sebagai watermark di backgroud, atur dan sesuaikan LETAK seperti gambar dibawah ini. (ikutin step by stepnya ya) 

10.(SAMBUNGANNYA DI VIDEO LTH1,TONTON SAMPAI HABIS) 

11. atur tata letak, sesuaikaN warna, sesuka hatimu beb~ Tips: jangan menggunakan warna hitam di angka 100% karena hasil design akan terlihat mati, so gunakanlah warna hitam dibawah angka 80% (BERLAKU UNTUK SEMUA WARNA) 

12. export gambar ke png dengan cara klik CTRL+E lalu klik export. (kenapa kita export dlm png bukan jpg or jpeg? search google aja ya, waktu kita terbatas) 
13. DONE

NEXT LTH 2, tonton aja divideo LTH2 ya.. trus ikutin step by step.anywa hasil akhirnya bakal jadi kek gini.



closing : sekian materi dari saya, gimana mudahkan? Anyway, ini bisa kalian terapin di mana aja kek misalnya mau bikin pamflet,poster, dll. So,semoga bermanfaat. "materi hari ini memang kecil tapi imajinasi kitalah yang membuatnya menjadi besar" (mona,2019) DON’T COPAS PLEASE. once more, thank you, see you next time ^^



0 komentar:

Posting Komentar